Select Language



Followers

IT Programmer. Powered by Blogger.

08 June 2010

Tipe Data Dasar Dalam Pemrograman Java

"Om Swastiastu"

Setiap bahasa pemrograman pasti memiliki tipe data. Kadang setiap pemrograman memiliki bahasa pemrograman yang berbeda-beda. Tipe data dasar merupakan tipe data yang paling sederhana yang dimiliki Java. Untuk menggunakan tipe data ini kita tidak perlu melakukan instansiasi. Berikut adalah tipe data dasar dalam bahasa pemrograman Java.

1. Boolean
Tipe data boolean digunakan untuk menentukan nilai benar atau salah. Oleh karena itu boolean hanya terdiri atas dua nilai, yaitu True dan False. Tipe data ini biasanya digunakan pada operasi logika.

2. Char
Tipe data char digunakan untuk menangani data berupa karakter-karakter ASCII. Tipe data char ditandai dengan penggunaan tanda kutip tunggal. Contoh tipe data char adalah: 'a', 'B', '4', dan lain sebagainya.

3. String
Tipe data string digunakan untuk menangani data berupa untaian beberapa karakter yang diistilahkan dengan string. Tipe data string ditandai dengan penggunaan tanda kutip ganda yang melingkupi data string. Contoh data tipe string adalah "Hello World".

4. Bilangan
Tipe data bilangan digunakan dalam manipulasi perhitungan aritmatika. Untuk tipe data bilangan dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Demikian yang dapat saya jelaskan mengenai tipe data dasar dalam Java.

"Om Santhi, Santhi, Santhi, Om"



Comments:

Ada 0 comments pada “Tipe Data Dasar Dalam Pemrograman Java”

Social Media


Facebook Page

Traffic

feeds  Powered by  MyPagerank.Net PR Programming Blogs - Blog Catalog Blog Directory    Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net bl srvce Y! Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Add to Google Reader or Homepage  backlink-clever  Programming Blogs - BlogCatalog Blog Directory

Programming Tutorial


Info


Tips
Downloads
Friends
Sponsor
Visitor
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Bali Web Development | Privacy Policy | Rise Up!!